Tuesday, March 27, 2012

BISNIS ONLINE

Definisi Bisnis Online


Definisi Bisnis online seringkali diasumsikan oleh internet marketer bahwa semua bisnis yang dilakukan secara online dengan menggunakan media internet sebagai media pemasaran produk dan jasa adalah mencakup bagian-bagian dari bisnis online. Jadi dalam hal ini internet hanyalah media karena internet sendiri yang terdiri dari ribuan-ribuan halaman bahkan jutaan halaman WEB mampu menyediakan informasi bagi pengguna internet. Makanya tidak heran jika banyak pelaku bisnis maupun personal menggunakan internet sebagai media yang ampuh untuk mengkomersilkan dan promosi atas produk mereka dengan harapan bahwa pengguna internet dapat melihat dan mengenal hingga akhirnya tertarik menggunakan produknya, itu hanya sebagian contoh kecil dari kelebihan bisnis online.
Nah, yang sering menjadi pertanyaan bagi calon customer adalah bagaimana cara untuk bertransaksi dengan aman di internet, bagaimana cara pembayarannya dan bagaimana deliverynya. Tentunya wajar dong jika kita baru mengenal bisnis online muncul pertanyaan-pertanyaan seperti itu karena disisi lain banyak yang menyalahgunakan Internet untuk penipuan (Scam). Untuk itu anda perlu selektif dalam memilih situs-situs yang menyediakan barang atau jasa, disarankan untuk memilih situs yang terpercaya dan mempunyai track record yang bagus dan paling tidak anda sudah harus mengerti Tips Aman Dalam Memilih Bisnis Online.
Tapi percayalah disisi lain dalam dunia internet yang sarat akan penipuan banyak juga yang benar-benar menggunakan situs mereka untuk berbisnis dengan penuh etika, terhormat dan elegan. Jadi semua itu tergantung dari tingkat kepercayaan dan keyakinan anda terhadap situs yang dikunjungi dan jangan lupa bahwa setiap keputusan yang anda ambil ada harganya. Resiko & konsekwensi yang tidak diinginkan selalu mengintai. Saya hanya bisa mengatakan Bisnis oNline tidak mudah tetapi juga tidak sulit seperti yang kita bayangkan.
Didunia bisnis manapun anda berada semua butuh proses belajar, kerja keras, ketekunan, dan juga kesabaran. Tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk membangun kerajaan bisnis anda. Tetapi jika anda sudah punya keyakinan bahwa ada peluang untuk meraih semua itu. Mulailah dari sekarang.. bangun dan buka wawasan anda lebih luas dan yakin bahwa dengan kemauan, ketekunan dan kerja keras kita dapat mempersingkat waktu untuk menuju sukses.



Arti pentingnya sebuah website dalam bisnis

Sepuluh tahun yang lalu sebelum adanya website kita hanya mengenal brosur cetakan sebagai salah satu media promosi produk atau jasa yang kita tawarkan pada calon konsumen. Kini, dijaman dimana banyak calon konsumen dan penjual sering tidak bertatap muka langsung dalam bertransaksi, tersedianya “brosur online” sangatlah penting.
Pola konsumen juga berubah, jika dulu referensi produk adalah teman atau orang dekat sekarang tidak lagi kebanyakan memilih supplier baik supplier barang atau jasa,konsumen yang belum mengambil keputusan akan mempelajari karakteristik beberapa perusahaan yang dia pertimbangkan dari website.
website inilah yang secara perlahan namun pasti menjadi lebih tangguh daripada media promosi yang pernah ada, website mampu mempresentasikan kepada calon konsumen 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu. Bahkan lebih tangguh dari toko anda di dunia nyata

Berikan kepercayaan melalui website

Dengan menceritakan siapa kita sebagai pemilik/produsen/penjual dan latar belakang bisnis diharapkan akan meyakinkan calon konsumen dalam memberikan keputusan jual beli yang kita harapkan.

Kemudahan komunikasi dengan website

Pencantuman nomor kontak info kita sedikit banyak juga ikut memberikan kepercayaan bahwa kita adalah produsen yang bertanggung jawab dan dapat dihubingi setiap saat.
Jika anda belum mempunyai website, pertimbangkanlah saat ini  juga untuk mempunyai website supaya anda menang menghadapi kompetitor anda.



Fungsi Situs Web

Fungsi tampaknya sering untuk membawa ke pikiran interaksi antara situs dan pengunjung situs. While this may be a part of the topic, and is something I'll talk about in a minute, it's not the start of it. Meskipun hal ini mungkin menjadi bagian dari topik, dan adalah sesuatu yang saya akan membicarakan dalam satu menit, itu bukan awal dari itu. To determine the most important aspect of a site's functionality requirement, ask the question "what is this site's purpose?" Untuk menentukan aspek yang paling penting dari persyaratan fungsi dari sebuah situs, bertanya "apa tujuan situs ini?" The purpose describes the function the site must fulfill. Tujuan menggambarkan fungsi situs harus memenuhi. For example, a site might be to describe a company and its products. Sebagai contoh, situs mungkin untuk menggambarkan perusahaan dan produk. It could be to sell some tickets or perhaps it's to show off Johnny's pictures. Hal ini dapat untuk menjual beberapa tiket atau mungkin itu untuk memamerkan gambar Johnny. In each case, the site's purpose describes the function it must perform. Dalam setiap kasus, tujuan situs menjelaskan fungsi itu harus melakukan. Its quality of functionality is determined by how well it performs that function. Kualitas fungsi ditentukan oleh seberapa baik melakukan fungsi tersebut.

I labor the point a little because it is all too easy to be distracted by an aspect of "functionality" to the extent where the primary purpose is obscured.
Aku bekerja titik sedikit karena itu semua terlalu mudah terganggu oleh suatu aspek dari "fungsi" sejauh mana tujuan utamanya adalah dikaburkan. In the above examples, for instance, the ticket sales site might involve some validation, some interaction, some storage and recollection of orders, etc. In trying to accomplish all these things it is easy to forget that what you really have to do is sell tickets. Dalam contoh di atas, misalnya, situs penjualan tiket mungkin melibatkan beberapa validasi, interaksi, beberapa penyimpanan dan ingatan pesanan, dll Dalam mencoba untuk menyelesaikan semua hal ini mudah untuk lupa bahwa apa yang Anda benar-benar harus lakukan adalah menjual tiket. Focus on ensuring that numbers are entered where numbers are required, dates are valid and dollar amounts are calculated and forget to mention the name of the performance for which you are selling the tickets and the site's functionality is about zero, no matter how technically wonderful it might be! Fokus pada memastikan bahwa nomor yang dimasukkan di mana nomor yang diperlukan, tanggal adalah jumlah yang valid dan dolar dihitung dan lupa untuk menyebutkan nama kinerja yang Anda menjual tiket dan fungsionalitas situs adalah tentang nol, tidak peduli bagaimana teknis indahnya mungkin!

The first golden rule of function is "be quick and to the point."
Aturan emas pertama dari fungsi adalah "harus cepat dan to the point." Don't subject your visitors to flash and pizzazz on the way to your grommet sales page. Jangan tunduk pengunjung Anda untuk flash dan pizzazz dalam perjalanan ke halaman penjualan Anda Grommet. Take them there right away and ask them "A bag of a dozen, or a box of one gross?" Membawa mereka ke sana segera dan meminta mereka "Sebuah tas selusin, atau kotak satu kotor?" Fewer clicks equals much better. Klik yang lebih sedikit sama dengan lebih baik. Also is this category is the reminder to optimize graphics before including them in a page. Juga kategori ini adalah pengingat untuk mengoptimalkan grafis sebelum memasukkan mereka dalam suatu halaman. If your JPG looks more or less the same compressed to 10K bytes as it does compressed only to 15K, use the higher compression (the smaller file) -- smaller files load quicker. Jika JPG Anda terlihat lebih atau kurang sama dikompresi ke byte 10K seperti halnya terkompresi hanya untuk 15K, menggunakan kompresi yang lebih tinggi (file lebih kecil) - file yang lebih kecil beban lebih cepat. Quicker equals much better. Cepat sama dengan lebih baik.

The second golden rule is "think like your visitor, not like yourself."
Aturan emas kedua adalah "berpikir seperti pengunjung Anda, tidak seperti dirimu sendiri." If you went on a trip to Chicago, London and Sydney and now are putting the photos onto a gallery site, don't label them "First", "Second" and "Third" because that's the order in which you visited the cities. Jika Anda melanjutkan perjalanan ke Chicago, London dan Sydney dan sekarang menempatkan foto ke sebuah situs galeri, jangan label mereka "Pertama", "Kedua" dan "Ketiga" karena itulah urutan di mana Anda mengunjungi kota-kota. You know that, but your visitor will have a much easier time understanding "Chicago", London" and "Sydney"! Kau tahu itu, tapi pengunjung Anda akan memiliki waktu yang jauh lebih mudah memahami "Chicago", London "dan" Sydney "!

The third golden rule is "assist, don't constrain."
Aturan emas ketiga adalah "membantu, tidak membatasi." If they have typed "1.6" in your quantity field, don't say "Invalid Quantity". Jika mereka telah mengetik "1,6" di bidang kuantitas Anda, jangan mengatakan "tidak valid Kuantitas". Say something like "Please enter only whole numbers in Quantity." Katakanlah sesuatu seperti "Masukkan hanya bilangan bulat dalam Kuantitas." Remember also, courtesy rocks! Ingat juga, batu sopan santun! My example here is so much better than "Enter only whole numbers in Quantity." Contoh saya di sini sangat jauh lebih baik daripada "Masukkan hanya bilangan bulat dalam Kuantitas." As your site visitors, they are guests in your home. Sebagai pengunjung situs Anda, mereka adalah tamu di rumah Anda. Treat them as such! Perlakukan mereka seperti itu! A little humor can sometimes help too. Sebuah humor kecil kadang-kadang bisa membantu juga. Used sparingly, and always with careful taste, it can help your visitor to relax, feel comfortable and have a better overall experience of your site. Digunakan hemat, dan selalu dengan rasa hati-hati, dapat membantu pengunjung Anda untuk rileks, merasa nyaman dan memiliki pengalaman yang lebih baik secara keseluruhan dari situs Anda. After the above error message (the one that includes "Please"!) we could add "By the way, the system prefers larger numbers!" Setelah pesan error di atas (salah satu yang termasuk "Tolong"!) Kita bisa menambahkan "Omong-omong, sistem lebih suka angka yang lebih besar!" Be careful though, not to trivialize what you are trying to do. Hati-hati meskipun, untuk tidak meremehkan apa yang Anda coba lakukan.

On the technical side, the real secret to interactive functionality, or any type of technical "specialty", is to keep it simple.
Di sisi teknis, rahasia nyata untuk fungsi interaktif, atau jenis teknis "khusus", adalah untuk tetap sederhana. Simpler equal much better! Sederhana yang sama jauh lebih baik! As you look at adding some new function to your page, ask yourself if it really adds to the site's ability to fulfill its purpose. Seperti yang Anda lihat menambahkan beberapa fungsi baru ke halaman Anda, tanyakan pada diri sendiri apakah itu benar-benar menambah kemampuan situs untuk memenuhi tujuannya. If it sort of does, sort of doesn't, ask yourself if the site might actually be a little better off without it. Jika semacam itu, semacam tidak, tanyakan pada diri Anda jika situs tersebut sebenarnya mungkin sedikit lebih baik tanpa itu. That's often the case. Itu sering terjadi. We see something new and neat, and want to incorporate it into the site, but on reflection, we see that the site is just fine without it. Kita melihat sesuatu yang baru dan rapi, dan ingin memasukkan ke dalam situs, namun pada refleksi, kita melihat bahwa situs tersebut baik-baik saja tanpa itu. Remember, simpler equals much better. Ingat, sederhana sama dengan jauh lebih baik.


Berbagai masalah dalam Bisnis (jualan) Online


Bisnis online, saya persempit artinya sebagai bisnis online dalam hal jualan produk nyata/jasa yang dilakukan secara online. Karena sebenarnya bisnis online modelnya sangat banyak. Kalau bicara jualan secara online memanfaatkan media Internet /HP yang kemungkinan kecil antara pembeli dan penjual bisa tatap muka secara langsung. Sudah sekitar 1 tahun saya resmi bisnis online yang awalnya hanya sekedar iseng. Tetapi akhirnya menjadi lebih serius karena lama kelamaan menyenangkan disamping juga menguntungkan. Soal keuntuangan tentunya sangat banyak, tetapi jika saya sampaikan disini tidak akan pas dengan judul yang saya buat.
Berkait dengan masalah, dalam kehidupan pastinya tidak ada yang tidak ada masalah atau selalu berjalan mulus. Jika sesuatu sudah berjalan dimungkinkan akan menhadapi suatu masalah, meskipun itu masalah kecil. Dengan adanya permasalahan baru yang kita jumpai kita akan lebih belajar lagi. Dalam bisnis online utamanya saya menjual Produk dan juga JASA, masing-masing mempunyai Website tersendiri dan dikelola bersama. Meskipun usaha saya belum cukup besar saya coba berbagi “masalah”, mungkin bisa berguna. Masalah apa yang sudah pernah saya jumpai, secara umum sebagai berikut :
1.  Awalnya punya Website tetapi minim pengunjung sehingga tidak ada Order. Kalau ini berlangsung lama dan tidak berubah tentunya cukup menhabiskan waktu, energi dan biaya, kerana mengelola web membutuhkan hal tersebut.
2.  Sudah pasang iklan dimana-mana tetapi jumlah pengunjung website tidak juga meningkat.
3.  Banyak yang bertanya /meminta informasi harga, jenis, bahkan sampel tetapi hanya sedikit atau tidak ada yang jadi membeli (oder).
4.  Website kadang Down (mati), sebenarnya hal yang wajar karena data website tersimpan di Komputer server yang sewaktu-waktu bisa rusak/terkena masalah atau pemeliharaan. Biasaya hosting punya Uptime, misalnya 98%. Artinya 2% ada ada kemungkinan Down.
5.  Spamming ke Komentar / Form di Website atau spam ke Email.
6.  Email / Sms / Kontak “Iseng”, silahkan ditanggapi secara bijaksana.
7.  Bagi yang sudah mulai mengirmkan barang, mungkin ketemu dengan masalah bagaiman memilih Ekspedisi yang murah atau Ekspedisi yang cepat.
8.  Tranfer uang dari pembeli yang tidak segera sampai, mungkin terjadi antar bank yang berbeda dan proses mejelang libur atau hari Sabtu – Minggu.
9.  Di Komplain pembeli karena barang tidak segera sampai, bisa jadi kesalahan kita telat mengirmkan atau masalah di Jasa ekspedisi (pengiriman).
10.                Pembeli /pelanggan yang tidak segera membayar padahal jasa sudah diberikan. Bisa terjadi pada pelanggan yang “sudah kita percaya”, pada order kesekian minta diproses dulu dan akan tranfer pembayaran kemudian. Perlu hati-hati dengan kasus seperti ini.
Jika anda pernah menghadapi masalah juga, boleh di share disini. Barangkali bisa bermanfaar bagi rekan-rekan lain yang akan memulai bisnis. Atau bermanfaat untuk antisipasi dini terhadap masalah yang mungkin akan dihadapi.



Masalah Yang Ada Dalam Bisnis Online Saat Ini


Kita mulai saja posting ini dengan kata-kata “Mudah mencari uang secara online, Jika anda tahu apa yang sedang anda lakukan”. Namun sebaliknya “Jika anda tidak mengetahui apa yang anda lakukan di bisnis online ini, maka yang ada hanyalah kegagalan demi kegagalan”.
Masalah yang muncul di dalam bisnis online saat ini adalah lebih dari 90% orang yang mencoba untuk mengadu peruntungannya secara online tidak tahu apa yang sedang mereka lakukan. Lebih buruk lagi adalah antara penjual di Internet dan juga pembelinya tidak tahu apa yang mereka perbuat.
Terdapat ungkapan bahwa: “Jika seorang buta membimbing seorang yang buta pula maka mereka berdua akan terperosok ke dalam parit bersama-sama”. Kondisi seperti ini banyak sekali terjadi pada pebisnis online di Indonesia baik mereka sebagai penjual barang secara online maupun pembeli. Tidak lupa juga para publisher adsense, adbrite, bidvertiser, widgetbucks atau bisnis affiliasi lainnya juga sering tidak tahu apa yang mereka lakukan dengan mendaftar di affiliasi tersebut, apa yang akan mereka lakukan setelah mendaftar affiliasi tersebut dan bagaimana cara mendapatkan uang dari affiliasi tersebut dengan cara yang benar dan jujur. Inilah yang sebenarnya terjadi pada bisnis online di Indonesia saat ini.
Terkadang malah ada seorang newbie ato pebisnis internet online baru yang dibimbing oleh pembimbing yang juga tidak tahu sistem kerja yang benar, jujur, dan bisa menghasilkan $. Seorang pembeli produk atau barang di internet terkadang juga belum tahu produk apa yang akan mereka beli dan untuk apa mereka beli produk tersebut, dan kondisi ini diperparah oleh banyak para penjual yang juga suka menipu para pembelinya.
Dalam dunia internet untuk bisa menjadi selalu terdepan maka kita harus sering menyegarkan pengetahuan kita (Belajar) dengan selalu mengakses sumber-sumber informasi terbaru. Hal itu sebaiknya diterapkan oleh seorang penjual produk di internet, pembeli produk di internet dan juga seorang newbie yang ikut progam affiliate. Jika anda malas untuk terus belajar….belajar dan belajar maka yang ada adalah anda semakin dekat dengan kenyataan ” Anda Sebentar Lagi Bangkrut”. Karena apa ??? Jawabannya adalah sangat mudah. Karena mungkin anda kehabisan dana. Mari kita rinci siapa saja yang kehabisan dana dan juga dana itu habis untuk apa saja :
1. Bagi Seorang Penjual Produk Online
Ia kehabisan dana karena untuk setiap hari online dan juga untuk memasarkan produknya kemana-mana sedangkan pendapatan yang didapat tidak seimbang dengan yang dikeluarkan.
2. Bagi Seorang Pembeli Produk Online
Ia membeli barang, namun ia tidak mengetahui apa yang akan ia dapatkan dari barang tersebut. Akhirnya barang tersebut akan terbuang sia-sia. Oleh karena anda sebagai pembeli harus mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum anda membeli suatu produk di internet.
3. Bagi Seorang Publisher
Bagi seorang Publisher adsense, adbrite, bidvertiser, shopping ads, widgetbucks ato progam affiliasi lainnya ia akan rugi saat ia sudah mengeluarkan cukup banyak dana untuk sewa hosting, pemasaran, waktu, dan biaya internet sehari-hari.
Oleh karena itu saya sebagai orang yang peduli terhadap anda dan juga kelangsungan bisnis anda, maka sudah saatnya anda terus belajar dan menggali terus informasi di internet. Anda jangan hanya melampiaskan hawa nafsu anda untuk mendapatkan banyak uang jutaan rupiah bahkan dollar, tapi selalu cari informasi dan banyaklah belajar untuk bisa mendapatkan uang. Jangan anda cari uang, tapi carilah ilmu dahulu bagaimana cara mendapatkan uang. Kebanyakan dari orang-orang hanya ingin dapatkan uang jutaan Dollar, dan mengira mendapatkan uang jutaan dollar di internet itu gampang dan mudah. Toh nyatanya setelah mengeluarkan modal yang cukup besar tapi yang ada hanya kebangkrutan semata. Jadi tips dari saya :
- Belajarlah sesuatu untuk mendapatkan sesuatu
- Bekerjalah sesuai dengan bidang anda, Jangan bekerja hanya untuk uang tapi jadikanlah pekerjaan anda suatu pekerjaan yang membuat anda enjoy menjalaninya
- Sabar dan tekun
- Jangan lupa untuk berdoa
- Belajarlah pada orang yang benar
- Teliti dulu sebelum anda membeli produk
- Jual barang yang memang anda menguasai dan tahu apa yang anda jual itu.

No comments:

Post a Comment